Gimana Caranya Sukses Bisnis dari Rumah?

Bisa nggak sih, bekerja di rumah tapi hasilnya melebihi mereka yang bekerja di kantor? Bisa banget. Tapi tantangannya pasti lebih banyak. Tantangan apa saja sih yang sering dialami para “work at home” ini? Yang jelas kedisiplinan menempati urutan pertama. Entah kenapa saat di rumah kalau ada waktu luang pasti bawaannya pengin tiduran. Padahal waktu yang diperlukan untuk bekerja di rumah harusnya sama dengan waktu yang diperlukan untuk bekerja di kantor.

Kalau bekerja di rumah memang lebih fleksibel, ya. Mau njemput anak sekolah nggak perlu izin. Mau keluar beli gorengan sehari lima kali sehari, boleh-boleh saja. Mau kerja sambil bakai daster atau singlet, nggak ada yang ngelarang. Tapi… ada tapinya nih. Kalau tidak bisa mengatur waktu jangan-jangan sehari cuma kerja dua jam doang. Terus hasilnya minta yang besar. Baguuuuus, saya juga mau:-D

Gimana nyiasatinnya? Pastinya rempong banget kalau harus ngurus rumah an kerjaan. Inilah sebabnya kenapa kita perlu menyusun jadwal dan harus disiplin melaksanakannya. Buat skala prioritas untuk pekerjaan rumah tangga. Susun jadwal dari yang paling penting. Bagaimana caranya menentukan yang paling penting? Yaitu perkerjaan yang apabila tidak dilakukan akan membahayakan keluarga. Misalnya: memasak, antar jemput anak sekolah, menyiapkan keperluan suami, dll.

Buat yang masih single, manfaatin waktu luang kalian semaksimal mungkin. Karena kalau sudah menikah nanti, waktu luang itu hal sangat langka. Percaya, deh. (Cieee yang sibuk nyuci ama masak.)

Wajib upgrade ilmu terus. Terutama ilmu bisnis. Di luar sana bisnis itu terus bergerak dan berubah. Kalau kita nggak ngikutin perkembangan dunia usaha, wah bakal ketinggalan kereta dong. Ide-ide kreatif bermunculan setiap saat. Tren berubah. Masa kita nggak berubah juga.

Oke, jadwal untuk urusan domestik sudah beres. Sekarang jadwal untuk pekerjaan yang harus dilakukan setiap hari.

Pertama, kenali bisnis kalian. Gimana kita bisa jualan kalau bisnis sendiri aja nggak ngenali? Produknya apa? Kelebihannya apa? Sudah hafal product knowledge-nya belum? Kenapa orang harus memakai produk kamu? Siapa saja pemakainya? Kamu jualnya ke mana, sih? Online atau offline? Sudah bisa menjawab pertanyaan di atas? Bisa? Cakeeeep. Lanjut, ya.

Apa saja yang kalian kerjaan untuk mengurus bisnis? Hmm, kadang banyak yang nggak tahu harus ngapain aja seharian. Kalau nggak tahu jadinya malah ngerjain hal nggak penting sama sekali, lo. Kita tulis dulu, yuk. Apa saja yang dikerjakan. Katakanlah kalau bekerja di kantor dari jam delapan pagi sampai jam empat sore.

Apa yang harus dilakukan?

  • Menghitung stock
  • Menyapa pelanggan
  • Promosi
  • Membuat flyer
  • Membalas inbox
  • Mencatat order
  • Mengemas barang
  • Dll

 

Buat batas waktu setiap kegiatan.

Misalnya pagi hari dari pukul delapan sampai sebilan, adalah waktu yang tepat untuk menyapa pelanggan. Jangan sampai terlambat atau terlewat, nanti jadwal yang lain akan kacau.

Buat evaluasi seminggu sekali. Apakah ada kemajuan atau kemunduran? Apakah banyak komplain? Buat penyelesaian dari setiap masalah yang terjadi. Harus diingat bagi pebisnis nama baik itu penting. Jangan sampai dikenal sebagai pebisnis yang tidak amanah.

Selanjutnya berdoa yang khusyuk pada Allah SWT. Mohon dengan kesungguhan hati ya, supaya bisnisnya maju dan berkah. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *