Halima Aden, Hijabers Pertama di Majalah Vogue

Hai, Qeanalova! Kenalan yuk, sama Halima Aden. Doi sempat ramai dibicarakan karena keikutsertaannya di pemilihan Miss Minnesota USA. Apanya yang aneh? Kan biasa ya, kalau ada yang  ikut kontes kecantikan itu. Eits, tunggu dulu. Yang membuatnya istimewa, saat mengikuti kontes kecantikan di USA ini adalah: Halima mengenakan jilbab!

“Masa, sih?”

“Iya, bener. Nih, lihat aja fotonya.”

 

Halima Aden ini berdarah Somalia yang lahir di pengungsian. Dia berhasil masuk dalam peringkat 15 besar lo, di ajang pemilihan itu. Doi juga berhasil masuk ke final meski nggak sampai jadi pemenang. Usianya waktu itu menginjak 19 tahun.

Kalian pasti bertanya-tanya kan, bagaimana dengan penilaian yang memakai baju renang, yang wajib diikuti seluruh kontestan? Saat penilaian dengan baju renang itu, Halima memakai burkini-baju renang tertutup di pemilihan Miss Minnesota, USA.

Bagi Halima kecantikan itu bukan yang pertama, namun lebih ke terbukanya pemikiran tentang keberagaman, itu yang paling penting. Orang diciptakan dengan perbedaan, bahkan kita tidak bisa memilih akan lahir di mana. Dan keragaman ini juga bukan masalah hitam atau putih saja, namun mencapai segala aspek dalam kehidupan.

Seperti Halima yang lahir di pengungsian Kenya ini. Dia tidak punya cita-cita menjadi model sebelumnya. Namun hidup berkata lain. Halima berhasil lulus di St. Cloud University, Amerika Serikat. Masa kecil yang dihabiskannya di penampungan, membuat Halima ingin menjadi duta PBB. Dia ingin berbagi semangat pada anak-anak yang hidup di penampungan.

“Kamu tau IMG, nggak?”

“Agensi model yang ada Gigi Hadid, Bella Hadid, Kaia Gerber itu?”

“Betul banget. Halima dikontrak oleh IMG, lo!”

“Luaaaar biasaa.”

Halima tidak ingin mengubah dirinya hanya untuk masuk ke dunia, dia hanya mengubah permainannya. Bahkan Halima masuk dalam majalah Vogue. Sejak berdirinya masalah Vogue tahun 1916, ini baru pertama kalinya ada model berhijab menghiasai sampul majalahnya.

Begitu juga dengan Kanye West yang peragaan rancangan coatnya dibawakah oleh Halima. Ini kali pertama Kanye West memakai model berhijab.

Halima memang bukan wanita berjilbab pertama yang menjadi model, namun dia memilih mempertahankan jilbabnya ketika berjalan di atas panggung.

13 Comments

  1. Salut banget sama sosok Halimah ini. Berani tampil berbeda disaat lingkungannya belum memahami arti perbedaan itu sendiri, pasti bukan hal yang mudah ya?
    Semoga selalu diberi kemudahan Halimah.
    Trm ksh untuk share info-nya mbalm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *