Hmm, Ini Dia Jajanan Unik Dengan Awalan ‘Ci’

Sejak memposting status kalau saya mendapat ide cerita saat makan cilok di lapangan, saya mulai dikenal sebagai ‘Juragan Cilok’–yang belum pernah jualan cilok. Entah saya harus bahagia sambil koprol atau cukup nikmati saja cilok itu dan biarkan semua mengalir apa adanya 😀

Info penting: saya suka cilok, siomay, apalagi mie ayam. Seger banget! Tapi dalam artikel ini saya mau membahas tentang jajanan dengan awalan ‘Ci’ saja. Beberapa hari yang lalu, ngobrol bersama suami, di atas motor yang melaju pelan, kami membicarakan jajanan dari Bandung dengan awalan ‘Ci’. Saking bingungnya membedakan mana nama-mana bentuk, jadilah ajang ngobrol nggak jelas ini lumayan seru.

Cilok

Jajanan ini paling mudah diingat karena setiap hari ada abang jualan cilok di lapangan yang rutin dikunjungi anak kami. Saya sendiri sering beli, entah itu nitip ke anak atau beli sendiri di lapangan. Teksturnya yang kenyil-kenyil dan saos pedasnya mampu membuat lidah bergoyang.

Cilok dibuat dengan bahan utama tepung tapioka dengan tambahan tepung terigu. Untuk isian sesuai selera yang membuat. Bisa diisi dengan cacahan daging, keju atau sosis.

Sumber: liputan6.com

Yang membeli cilok tidak hanya anak-anak. Sering saya melihat antrian adek-adek gemes yang tetap nangkring di atas motor untuk membeli cilok. Saya yang menjadi anggota pasukan emak-emak sok sibuk pun ikut antri demi merasakan sensasi pedas dan kenyalnya cilok yang menggoda.

Cimol

Jajanan ini terbuat dari tepung tapioka saja. Saya jarang menemukan jajanan ini di sekitar tempat tinggal. Mungkin anak-anak kirang suka, ya. Kalau cilok itu dikukus, cimol ini pembuatannya dengan cara digoreng. Dan ada perbedaan besar nih, si cimol tidak punya isi, membuat harganya lebih murah.

Cimplung

Jujur saja, saya belum pernah menemui ini. Apalagi jalur jalan-jalan saya (baca: antar jemput anak sekolah dan ke pasar) setiap hari hampir sama, jadi kemungkinan untuk bertemu dengan cimplung sangat kecil. Menurut Google, cimplung terbuat dari kentang dan tapioka yang dibentuk bulat kemudian di goreng.

Sumber: Google.com

Cimplung ternyata ada dua versi. Yang berbentuk perkedel terbuat dari kentang dan tapioka kemudian digoreng, sedangkan cimplung satunya lagi terbuat dari singkong yang direbus bersama gula jawa. Hmm, pasti cocok untuk teman minum kopi, ya.

Cilor

Jajanan ini terbuat dari telur ayam dengan tepung yang digulung-gulung dengan lidi. Cilor cukup digemari anak-anak. Di lapangan dekat tempat tinggal saya ada masjid besar yang pada sore hari digunakan sebagai tempat belajar mengaji anak-anak. Penjual cilor selalu datang sesaat sebelum dimulainya kelas dan bertahan di lapangan sampai bubarnya kelas.

Cireng

Cireng terbuat dari tepung tapioka yang diseduh terlebih dahulu bersama bumbu kemudian digoreng. Cireng, di tempat saya tinggal, sering ditemukan dalam satu gerobak bersama gorengan lain. Sekarang ini sudah banyak aneka rasa cireng dari yang gurih sampai pedas.

Cukup lima dulu aja yang saya bahas di sini. Dan masih banyak jajanan unik lainnya dengan awalan ‘Ci’ yang bisa diexplore. Yang pasti kuliner Indonesia itu luar biasa banyak macamnya, yang tidak akan ada habisnya untuk dibahas.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *