Ide Cerita, Darimana Datangnya?

Mau menulis tapi tidak punya ide? Ide bisa datang dari pengalaman sendiri, pengalaman teman, bacaan dan tontonan. Pengembangannya tentu tergantung genre apa yang kita usung nanti. Ada baiknya sebelum menulis kita sudah menentukan kemana arah dan tujuan cerita. Mau dibawa ke mana cerita ini … jangan nyanyi lo, ya. Buat dulu premisnya. Belum tahu premis itu apa? Nanti saya tulis cara membuatnya.

Pengalaman pribadi bisa dijadikan sumber ide ditambah dengan imajinasi dan bumbu penyedap. Misalnya saja diminta emak mengantar pesanan makanan ke sebuah alamat. Di sana yang menerima ternyata cowok ganteng. Nah, bisa dikembangkan menjadi cerita romance, kisah tentang asmara. Dari perkenalan tak sengaja, ada kecocokan di antara mereka, kemudian berkembang ke hubungan yang lebih serius. Tentu saja konflik dalam cerita harus ada. tanpa konflik cerita akan hambar sehambar sop tanpa garam.

Atau mau dijadikan cerita misteri? Dita mencium bau anyir yang keluar dari jendela yang terbuka. Tangannnya bergetar karena rasa takut yang menyergap. Nyaris Dita menjatuhkan roti yang ada di tangannya, roti pesanan Tante Ana, pemilik rumah ini.

Ide bisa datang darimana saja. Bahkan daun kering yang gugur pun bisa menjadi sebuah cerita. Ceirta anak bisa, cerita romance bisa, cerita apapun bisa. Kalau kesulitan menemukan ide, coba cara di bawah ini:

  • Banyak membaca. Ini tidak dapat dibantah lagi. Dengan membaca wawasan akan bertambah.
  • Film bisa menjadi gudang ide, lo.
  • Masalah yang dialami diri sendiri atau orang lain. Ingat, ya. Hanya sebagai ide. Bukan membuka aib diri atau orang.

Kita hanya perlu menambahkan imajinasi saja. Jangan lupa menentukan genre cerita supaya lebih mudah ketika menyusun cerita. Tantangannya tentu saja apakah kita mau menyelesaikan cerita tersebut atau hanya berakhir sebagai ide saja.

Mulai sekarang tulis apapun ide yang melintas di kepala. kita tidak tahu kapan ide tersebut dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *