Kerennya Taman Nasional Baluran, Bikin Kamu Serasa di Afrika

Taman Nasional Baluran

Salah satu destinasi wisata alam di Jawa Timur yang nggak boleh kamu lewati adalah Taman Nasioal Baluran. Taman nasional ini ada di perbatasan antara Kabupaten Situbondo dengan Banyuwangi. Kamu nggak bakal kesulitan menuju ke sana, karena lokasi ini mudah diakses dengan kendaraan pribadi.

Sumber: balurannationalpark.web.id

Nama Baluran sendiri diambil dari nama gunung yang ada di dekatnya, yaitu Gunung Baluran. Jangan kaget ya, karena kamu bakal ngerasain suasana yang beda banget. Untuk menuju ke padang savanna di Taman Nasional Baluran, kamu harus melewati hutan hijau yang rimbun terlebih dahulu. Kamu bakal ngerasain sensasi seperti berada di dua alam yang berbeda. Lihat di bawah ya penampakan hutannya. Keren banget, bukan?

Menurut Balurannationalpark.web.id:

Taman Nasional Baluran atau juga lebih di kenal dengan julukannya, Africa Van Java adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi.

Memang apa sih yang menarik dari Taman Nasional Baluran ini sampai banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang mengunjunginya? Yuk, kita lihat.

Sumber: balurannationalpark.web.id

1. Hutan Hijau. Saat memasuki Taman Nasional Baluran kamu akan disuguhi pemandangan hutan hijau yang lebat. Jalan melewati hutan ini panjangnya 5 KM. Hutan yang dilewati ni termasuk evergreen, hijau sepanjang tahun, karena ada sungai bawah tanah di sana.

2. Padang Savanna. Setelah melewati hutan hijau kamu akan sampai ke padang savanna Bekol. Savanna Bekol sendiri luasnya 300 Ha. Selain hamparan padang Savanna, dari Bekol ini kamu bisa melihat hutan dan Gunung Baluran. Dan savanna ini adalah yang terluas di Pulau Jawa.

3. Taman Nasional Baluran ini melindungi hewan-hewan padang rumput seperti banteng, kerbau, rusa, monyet berekor panjang, dan burung pemilik ekor panjang, burung merak.

 

4. Nggak Cuma itu, kamu bakal menemui kawanan banteng, kerbau, rusa liar yang bergerak bergerombol memotong perjalanan kamu ketika berkendara di padang savanna. Hati-hati dengan monyetnya, ya. Jangan tunjukkan makananmu kalau tidak ingin direbut.

5. Kawasan pantai di Baluran dibedakan menjadi dua kawasan, untuk wisata bawah laut, yaitu di Bama, Balanan, dan Bilik. Wisatawan bisa menyaksikan keindahan coral reef dan birunya air di kawasan ini. Sedangkan bagian yang lain digunakan sebagai kawasan untuk wisatawan naik sampan karena pantainya yang tenang yaitu di Opongan, Sirontoh Sijile dan Kalitopo. Pantai ni jaraknya 4 KM dari padang savanna Baluran. Pantai Bama memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Di sana ada mushola dan kamar mandi umum. Juga ada penginapan, kantin, dan area permainan outbond.

Sumber: balurannationalpark.web.id

Baluran bisa dijadikan itinerary liburan kamu yang asyik, karena selain tempatnya yang keren, kapan lagi bisa melihat hewan yang bergerombol di padang savanna. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi Little Africa in Java, bukan?

10 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *