Menentukan Niche dan Buat Blogmu!

Sudah punya ide mau membuat blog tentang apa? Jangan terlalu lama berpikir, nanti keduluan orang lain. Semakin banyak pesaing semakin berat kerja kerasnya. Atau jangan-jangan masih bingung menentukan niche blog itu sendiri?

Sekarang begini, apakah blog itu nantinya akan dimonetize apa tidak? Dimonetize artinya blog itu nantinya akan dijadikan penghasil uang. Kalau tidak, bebas saja mau mengisi dengan tulisan bertema apa saja, alias campur-campur. Mau menulis curhatan, tutorial, resep masakan, dan panduan menghemat uang dalam satu blog, silakan.

Bagaimana dengan blog yang nantinya ingin dimonetize? Tentukan dulu niche-nya. Sebelum membeli nama domain kita harus menentukan niche blog dulu. Karena niche ini nanti yang akan digunakan untuk menentukan nama domain.

Apa itu niche?
Niche kalau diartikan adalah ceruk. Dalam dunia blog, niche pasar adalah ceruk pasar di mana blog itu nantinya akan membahas tentang pasar tertentu. Intinya blog tersebut harus fokus dalam satu bahasan.

Misalnya niche tentang traveling. Berarti blog itu khusus membahas semua yang berhubungan dengan travelling. Kemudian ada niche kesehatan, berarti blog itu membahas semua hal mengenai kesehatan. Sudah paham bukan bagaimana menentukan niche?

Apa saja macam-macam niche?
Travelling
Kesehatan
Bisnis
Internet
Skin Care
Fashion
Olahraga
Elektronik

…….
Dll

Masih banyak niche yang bisa diolah. Yang harus diperhatikan ketika memilih niche: pastikan niche itu mempunyai nilai jual.

Seperti misalnya: Travelling. Kita bisa bekerja sama dengan toko yang manjual barang-barang perlengkapan travelling. Atau bisa juga menjual ebook Panduan Travelling Hemat ke Korea, misalnya.

Nantinya setiap artikel yang diposting harus berada di dalam jalur niche yang dipilih tadi. Ini dilakukan supaya Google mudah mengidentifikasi blog tersebut. Begitu juga dengan pihak advertizer yang pastinya akan memasang iklan pada blog yang relevan dengan jasa dan produk miliknya.

Jika traffic blog sudah bagus, banyak pengunjung yang datang dan merasa artikel-artikel yang ada di dalam blog bermanfaat, maka penghasilan pun akan datang dengan sendirinya. Ingat, untuk mencapai ini diperlukan kerja keras dan ketekunan.

Masih bingung juga menentukan niche? Niche ini bisa ditemukan melalui riset. Mau tau cara riset pasar? Tunggu panduan saya , ya.

Follow me in media social:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!