SELISIK 2018 Menghadapi Era Industri 4.0

SELISIK 2018. Pada akhirnya Era Industri 4.0 akan tiba, dan kita harus siap menyambut dan berkompetisi di dalamnya.

Ada yang keren lo hari ini, yaitu terselenggaranya Seminar Nasional Telekomunikasi dan Informatika 2018 atau disingkat SELISIK 2018. Seminar ini diselenggarakan pada tanggal 1 September 1980 dan bertempat di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung.

Bagaimanapun juga revolusi sudah di depan mata. Apalagi setelah Bapak Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia, meresmikan roadmap MAKINGINDONESIA 4.0.

Apa itu Revolusi Industri 4.0?

Menurut Wikipedia, istilah “Industrie 4.0” berasal dari sebuah proyek dalam strategi teknologi canggih pemerintah Jerman yang mengutamakan komputerisasi pabrik.

Revolusi industri generasi keempat ini ditandai dengan kemunculan superkomputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, editing genetik dan perkembangan neuroteknologi yang memungkinkan manusia untuk lebih mengoptimalkan fungsi otak. Hal inilah yang disampaikan oleh Klaus Schwab, Founder dan Executive Chairman of the World Economic Forum dalam bukunya The Fourth Industrial Revolution. (http://id.beritasatu.com)

Pada tahu nggak sih apa itu SELISIK 2018?

SELISIK adalah acara yang diadakan setiap tahun oleh Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Bandung, dimana praktisi dan akademisi akan berbagi ide dan pengalaman di bidang infomatika dan telekomunika. Keren banget, bukan? Saya selalu ingin menjadi bagian dari event-event keren seperti ini.

Ini flyer SELISIK 2018 yang beredar di media sosial.

SELISIK 2018  diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian diikuti dengan pertunjukan kesenian tradisional yang dibawakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa STT Bandung.

Sambutan pertama pada SELISIK 2018 ini adalah Ibu Harya Gusdevi, S.Kom., M.Kom. selaku panitia SELISIK 2018.

Sambutan selanjutnya adalah Ketua STT Bandung, Bapak Muhammad Naseer, S.Kom. MT. Kemudian ada sambutan dari Ketua APTIKOM Jabar yang diwakili oleh Wakil Ketua APTIKOM Jabar.

Acara SELISIK 2018 ini benar-benar keren. Setelah acara resmi dibuka, acara selanjutnya adalah penandatanganan MoU IndoCEISS dan NERIS dengan Perguruan Tinggi yang tergabung di IndoCEISS dan NERIS sebagai wujud kerja sama. Juga ada acara pemberian cinderamata yang dilanjutkan dengan pengumuman pemenang Kompetisi SELISIK 2018.

Ini dia daftar pemenang SELISIK 2018:


SELISIK 2018 mengusung tema Menyiapkan Sumber Daya Manusia untuk Menghadapi Industri 4.0 ini dihadiri beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Menurut Prof. Dr. M. Suyanto, M.M., Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, beliau menjelaskan bahwa sumber daya manusia pada generasi ke depan terbagi menjadi empat, yaitu:

1. Professional
2. Enterpreneur
3. Sciencetist
4. Artist

Sedangkan menurut Bapak Ir. Priyantono Rudito, M.Bus., Ph.D., Direktur Eksekutif CoBranding Wonderful Indonesia, mengatakan yang harus dimiliki setiap sumber daya manusia dalam untuk menghadapi Era Industri 4.0 adalah dengan mengembangkan Digital Mastery, yaitu:

1. Context
2. Concept
3. Content

Termasuk di dalamnya membangun Digital Mastery dengan menggunakan pendekatan TRILOGI, yaitu:

1. Experiential Learning
2. Coaching
3. Unlocking from Within

Dengan terselenggaranya SELISIK 2018 telah membuka mata bahwa dengan hadirnya Era Industri 4.0 setiap individu diharapkan mampu memperluas jaringan (networking).

Bagaimanapun juga Era Industri 4.0 akan tiba. Setiap sumber daya manusia harus mempersuapkan diri untuk menyambut dan menghadapi kompetisi yang semakin beragam.

Ketika kreativitas dan inovasi datang tak terbendung, pastikan kita sudah memiliki ilmu yang mumpuni untuk siap bersaing di era yang akan datang.

#MakingIndonesia4.0
#Selisik2018
#STTBandung

😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *